Kebijakan Privasi untuk J MOBILE

Bank JTrust berkomitmen untuk melindungi informasi pribadi nasabah atau pengguna layanan J MOBILE. Kebijakan Privasi (“Kebijakan Privasi”) berlaku untuk semua informasi pribadi yang dikumpulkan oleh atau dikirimkan kepada Bank JTrust , baik luring dan/atau daring termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi yang dikumpulkan atau dikirimkan melalui situs web, aplikasi, dan/atau melalui cara lainnya (“Data Pribadi”). Dengan tetap mengakses dan menggunakan aplikasi, nasabah atau pengguna J MOBILE dianggap menyatakan persetujuannya terhadap segala ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.

  • Pengumpulan dan Pengelolaan Data Pribadi

    Bank JTrust memperoleh dan mengumpulkan data yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersediri atau kombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui penggunaan layanan J MOBILE. Seluruh data/informasi pribadi yang dikumpulkan oleh Bank JTrust dari aktivitas penggunaan J MOBILE akan diproses oleh Bank sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku dengan tujuan untuk memproses Transaksi, mengelola dan memperlancar proses penggunaan nasabah atau pengguna J MOBILE, serta tujuan-tujuan lainnya selama tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku. Data Pribadi yang dikumpulkan oleh Bank JTrust antara lain untuk penyediaan layanan, namun tidak terbatas pada:

    • Informasi pribadi dan kontak
      Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama gadis Ibu Kandung, alamat tempat tinggal, nomor telepon rumah dan handphone, alamat e-mail,
    • Informasi sosio-demografis
      Jenis kelamin, kewarganegaraan, status perkawinan dan jumlah tanggungan,
    • Dokumen identitas
      Kartu Tanda Penduduk/Nomor Induk Kependudukan, Paspor, Nomor Pokok Wajib Pajak, Kartu Keluarga, Kartu Induk Anak, Surat Izin Mengemudi,
    • Informasi pendidikan dan pekerjaan
      Riwayat pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, jabatan, nama perusahaan, alamat dan nomor telepon kantor, lama bekerja,
    • Informasi keuangan
      Informasi penghasilan dan sumber dana, salinan rekening koran, informasi aset, histori kredit termasuk informasi kartu kredit dan kewajiban kredit lainnya,
    • Informasi transaksi
      Waktu, lokasi dan nominal transaksi masuk/keluar, detail penerima/pengirim dana
    • Informasi biometric
      Sidik jari atau gambar wajah yang dikumpulkan untuk tujuan identifikasi dan verifikasi
    • Informasi digital
      1. Informasi tentang lokasi Anda yang diberikan melalui teknologi J Trust Bank dengan menggunakan rincian seperti alamat IP atau sensor GPS
      2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Anda sehubungan dengan penggunaan layanan digital J Trust Bank termasuk waktu pendaftaran, login dan transaksi
      3. Informasi yang dikumpulkan melalui teknologi cookies, pixel tags atau teknologi yang serupa saat Anda mengakses situs web atau aplikasi J Trust Bank (misalnya situs/layanan pihak lain yang Anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Layanan J Trust Bank, hasil pencarian dan riwayat penelusuran, kebiasaan online, ketertarikan dan preferensi, pengaturan yang dipilih)
      4. Data perangkat termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, alamat IP, informasi WI-FI atau jaringan seluler yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan J Trust Bank
      5. Informasi lokasi, foto, suara, kontak, daftar panggilan, data biometrik (sidik jari atau gambar wajah untuk otentikasi) apabila diizinkan pada perangkat Anda. J Trust Bank tidak pernah memindai atau mengambil foto-foto pada album dan/atau kamera dalam perangkat Anda
      6. Informasi log telepon, seperti nomor telepon Anda, nomor pihak yang menelepon, nomor pengalihan, waktu dan tanggal panggilan, durasi panggilan, informasi rute SMS, dan jenis panggilan, setiap nomor telepon yang digunakan untuk menelepon J Trust Bank
      7. Gambar, rekaman video dan atau rekaman percakapan Anda dengan Kami dalam hal pembukaan fasilitas perbankan dan/atau dalam bentuk pengaduan dan hal lainnya;
      8. Informasi dari perangkat Anda yang digunakan untuk mengakses layanan atau aplikasi Bank seperti kamera, daftar kontak, daftar aplikasi dan statistik penggunaan, lokasi, informasi perangkat dan atribut jaringan;
      9. Penggunaan kontak dilakukan untuk mempermudah penginputan saat pembelian dan pembayaran ke nomor handphone di device nasabah;
      10. Penggunaan kamera digunakan untuk mem-validasi foto diri atau selfie oleh nasabah yang melakukan pendafataran agar terpenuhi aspek Know Your Customer (KYC) untuk pembukaan rekening. Selain itu, kamera digunakan untuk menangkap gambar atas fitur pembayaran QRIS;
      11. Penggunaan image untuk mem-validasi NIK yang diinput nasabah saat melakukan pendaftaran agar terpenuhi aspek Know Your Customer (KYC) untuk pembukaan rekening. Selain itu, image dapat digunakan untuk mengunggah gambar atas fitur pembayaran QRIS.
    • Informasi interaksi Rekaman CCTV di lingkungan J Trust Bank, rekaman percakapan telepon Contact Center, transkrip percakapan melalui media komunikasi J Trust Bank termasuk Whatsapp, e-mail, dan media sosial
    • Informasi olahan Informasi yang didapatkan dari hasil pengolahan data Anda termasuk namun tidak terbatas pada pemrofilan (profiling) dari aktivitas pemakaian Layanan J Trust Bank
    • Informasi lainnya Data Pribadi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Penggunaan Data Pribad

    J MOBILE menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi nasabah atau pengguna J MOBILE kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari nasabah atau pengguna J MOBILE, kecuali sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang yang berlaku dan tujuan lainnya sebagai berikut:

    1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun Transaksi yang dilakukan oleh nasabah atau pengguna melalui J MOBILE.
    2. Melakukan upaya untuk memberikan, mewujudkan, mengembangkan, dan/atau memperbaiki produk dan layanan serta keamanan J MOBILE.
    3. Melakukan monitoring dan investigasi terhadap Transaksi yang mencurigakan, terindikasi mengandung kecurangan, melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan /atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi Transaksi tersebut.
    4. Memenuhi kewajiban peraturan perundang-undangan dan regulasi yang yang berlaku dan/atau permintaan regulator yang berwenang, termasuk namun tidak terbatas dalam hal terjadinya sengketa hukum terkait penggunaan J MOBILE kebocoran data, dan kepentingan perpajakan.
  • Pengungkapan Data Pribadi
    1. Aplikasi menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi nasabah atau pengguna J MOBILE kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari nasabah atau pengguna J MOBILE kecuali sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang yang berlaku dan tujuan lainnya sebagai berikut:
      • Membantu menyajikan layanan yang tersedia dan/atau layanan yang akan tersedia di kemudian hari pada J MOBILE dan memproses segala bentuk aktivitas nasabah atau pengguna J MOBILE, termasuk namun tidak terbatas pada Transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk;
      • Melakukan komunikasi antara mitra usaha J MOBILE dengan nasabah atau pengguna J MOBILE dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya;
      • Memasarkan, mempublikasikan, meningkatkan, dan memelihara kualitas J MOBILE;
      • Melakukan pengolahan data untuk dan atas nama J MOBILE; dan
      • Mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.
    2. Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi nasabah atau pengguna J MOBILE sebagaimana dijelaskan di atas J MOBILE akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi nasabah atau pengguna J MOBILE kepada pihak lainnya seperti konsultan, anak perusahaan dan afiliasinya, agen, afiliasi, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di dalam dan/atau di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen, afiliasi dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi nasabah atau pengguna J MOBILE sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan dan regulasi yang yang berlaku.
  • Jangka Waktu
    1. Jangka waktu pemrosesan Data Pribadi

      Bank berhak memproses Data Pribadi selama nasabah atau pengguna J MOBILE menjadi nasabah Bank, dan/atau terdapat permintaan dari instansi berwenang untuk mengakhiri pemrosesan Data Pribadi.

    2. Jangka waktu retensi Data Pribadi

      Atas persetujuan nasabah atau pengguna J MOBILE, data-data yang diperoleh Bank akan disimpan selama waktu yang ditentukan oleh Bank. Nasabah atau pengguna J MOBILE berhak untuk sewaktu-waktu meminta penarikan persetujuan dan penghapusan Data Pribadinya, sepanjang nasabah atau pengguna J MOBILE telah berhenti menggunakan layanan nasabah atau pengguna J MOBILE.

  • Pernyataan dan Persetujuan
    1. Bahwa informasi/data pribadi yang diberikan kepada Bank merupakan data yang benar dan sah oleh karenanya nasabah atau pengguna J MOBILE memberikan kepada Bank untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, menghapus dan memusnahkan sesuai dengan Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    2. Bahwa nasabah atau pengguna J MOBILE telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat dalam kebijakan privasi ini yang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan dalam seluruh layanan elektronik Bank;
    3. Membebaskan Bank dari segala tuntutanm gugatan, ganti rugi dan/atau klaim sehubungan dengan kegagalan pemrosesan transaksi layanan Bank, yang disebabkan ketidakakuratan/ketidak benaran informasi/data pribadi yang nasabah atau J MOBILE berikan kepada Bank;
    4. Bahwa nasabah atau pengguna J MOBILE telah memberi persetujuan, ijin dan wewenang kepada Bank untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan memproses, mengelola serta memberikan akses atas informasi/data pribadi kepada mitra/pihak ketiga dengan tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud diatas.
  • Bagaimana Menghubungi Bank

    Nasabah atau pengguna J MOBILE dapat menghubungi Bank dengan

    1. Mengunjungi Kantor Cabang PT Bank Jtrust Indonesia Tbk terdekat;
    2. Mengunjungi Call Center 24 jam di 1500615;
    3. Melalui Email CustomerCare@jtrustbank.co.id.
  • Perubahan dan Pengkinian Kebijakan Privasi Bank

    Bank dapat melakukan perubahan dan pengkinian terhadap kebijakan privasi ini dari waktu ke waktu. Bank menghimbau kepada Nasabah atau pengguna J MOBILE untuk membaca pernyataan privasi untuk mengetahui perubahan dan pengkinian kebijakan privasi yang baru.

Internet Banking dan Mobile Banking J Trust Bank hadir dalam tampilan baru dan layanan yang lebih lengkap. Silahkan akses menu E-Banking untuk mendapatkan mobile banking dan internet banking J Trust Bank terbaru Kepada Yth. Nasabah, Hati-hati penipuan melalui telepon/aplikasi Whatsapp/iklan di media sosial yang mengatasnamakan PT Bank JTrust Indonesia Tbk. atau J Trust Bank, serta menawarkan produk J Trust Bank yang selanjutnya dikenakan biaya berlangganan tiap bulan dan meminta kode one time password (OTP) atau personal identification number (PIN) nasabah. Awas, waspada link palsu! Jangan mengakses link/tautan dengan permintaan mengisi data-data pribadi nasabah, meminta kode OTP dan PIN.